Cara Menyimpan Selada agar Tetap Segar

Posted By admin on 5/30/2017 | 5/30/2017

salada
Persoalannya, selada yang sudah berhari-hari disimpan di kulkas kerap menjadi layu dan berair. Lalu, bagaimana cara menyiasatinya? (Foto: mimiliz2/morgueFile)
Seputar Kita -- Menyiasati bahan dapur, khususnya bahan makanan kadang gampang-gampang susah. Apalagi ketika bahan makanan tidak semua awet disimpan di dalam kulkas, seperti selada.

Persoalannya, selada yang sudah berhari-hari disimpan di kulkas kerap menjadi layu dan berair. Lalu, bagaimana cara menyiasatinya?

Seperti dilansir dari sejumlah sumber dan rahasia dapur masakan, ada beberapa cara yang dapat diterapkan. 

Biasanya, selada jadi cepat busuk karena disimpan dalam keadaan basah. Oleh karenanya, dianjurkan untuk menyimpan selada dalam keadaan kering.

Namun, bakal jadi pekerjaan yang merepotkan ketika harus mengeringkan selada sebelum menyimpannya. Atau, harus membeli wadah yang mampu meniriskan selada sembari diletakkan di lemari es.

Sebenarnya, ada trik sederhana untuk mengatasi hal ini. Cukup letakkan selada dalam wadah, lapisi bagian atas selada dengan lembaran tisu makanan dan tutup dengan plastik pembungkus. Tisu ini akan menyerap kelembapan selada dan membuatnya bertahan hingga lebih dari seminggu.

Cara alternatif

Tidak hanya cara di atas, ada juga alternatif lainnya yang dapat dilakukan. Langkah pertama, keluarkan selada dari kemasan atau pembungkusnya. Kecuali, ada keterangan yang tertera pada kemasan bahwa itu berguna untuk melindungi selada dari kerusakan atau membusuk. Jika demikian, selada tersebut perlu disegarkan terlebih dahulu sebelum disimpan.

Caranya isi wastafel atau mangkuk besar dengan air dingin dari keran air.

Pisahkan daun-daun dari intinya, lalu masukkan daun selada ke dalam wadah air dingin selama lima menit. Metode ini cukup efektif membuat selada yang sudah lemas dapat segar kembali.

Berikutnya, angkat daun satu persatu dengan cara mengibas-kibaskan daun untuk meniriskan air pada permukaan daun.

Tempat daun dalam alat pengering selada. Alat ini dapat diperoleh di sejumlah toko serba ada. Jika menggunakna alat ini, pastikan tidak memeasukkan daun terlalu penuh ke dalamnya, ada baiknya membagi menjadi beberapa kelompok pengeringan.

Setelah itu, taruh daun di atas handuk piring yang kering, dengan menumpuknya jadi satu sampai dua baris. Jika tidak memiliki handuk piring dapat menggantinya dengan handuk kertas. Ulangi proses ini sampai semua daun selada kering. (op/adm)
Blog, Updated at: 5/30/2017

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

loading...