Berpuasa Bisa Bekerja Efektif Seperti Metode Pengurangan Kalori

Posted By admin on 5/30/2017 | 5/30/2017

diet
Foto: mojzagrebinfo/Pixabay
Seputar Kita -- Puasa secara otomatis akan mengurangi asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh. Secara logika, hal ini seharusnya bisa membantu Anda mengontrol berat badan, tentunya disamping melakukan ini sebagai ibadah.

Namun kenyataannya, bulan puasa justru membuat tubuh beberapa orang justru jadi lebih gemuk. Jika mengalami hal ini, maka periksa kembali apa yang Anda santap saat sahur dan berbuka.

Menurut studi terbaru, puasa benar-benar efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Puasa dianggap memiliki manfaat yang sama dengan cara metode mengurangi kalori yang masuk saat diet.

Ahli diet terdaftar Sharon Richmond kepada abc action news bahwa dia tidak menyarankan untuk berpuasa (tidak makan sama sekali) kemudian langsung makan sekaligus banyak saat sudah berbuka atau saat sudah tak berpuasa.

"Ketika Anda melakukannya dengan ekstrem (langsung makan berlebihan setelah puasa) maka metabolisme akan bekerja sebaliknya dengan apa yang Anda coba capai," katanya.

Penelitian mengungkapkan bahwa berpuasa bisa bekerja efektif seperti metode pengurangan kalori dengan memangkas kalori. Namun tak dimungkiri, bagi orang yang belum terbiasa, puasa memang lebih sulit dilakukan (selain di bulan Ramadan).

Setidaknya, 38 persen pelaku diet menyerah untuk puasa. Sedangkan 29 persen lainnya mengaku bisa mengurangi makan.

Dalam studi lainnya mengklaim bahwa puasa adalah 'senjata' terbaik untuk menurunkan berat badan. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa responden non obesitas bisa kehilangan empat persen lemak total tubuhnya saat mereka berpuasa selama 22 hari.

Sedangkan untuk orang obesitas, berpuasa, dengan kondisi bahwa mereka hanya mengonsumsi 25 persen kebutuhan kalori hariannya akan membantu memangkas 2,4 kg dalam delapan minggu. Selain itu, sekitar tiga persen dari lemak tubuh juga hilang bersamaan dengan penurunan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

Hanya saja, mengutip tribune, yang harus diperhatikan juga adalah insulin darah selama puasa juga akan menurun. (op/adm)
Blog, Updated at: 5/30/2017

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

loading...