Tips Menjaga Kulit Tetap Cerah Saat Berpuasa

Posted By admin on 6/08/2017 | 6/08/2017


menjaga kulit tetap cerah
Seputar Kita -- Merawat kulit agar penampilan terlihat cerah kerap menjadi satu beban tersendiri selama Ramadan. Terik sinar matahari dan puasa dapat membuat kuli terlihat pucat dan kusam. Ini dikarenakan tubuh kehilangan vitamin penting dan mineral.

Menurut beberapa sumber, memastikan tubuh mendapat asupan nutrisi saat berpuka puasa dan sahur sebenarnya dapat membuat orang yang sedang berpuasa akan terlihat bugar dan tetap cerah selama bulan Ramadan.

Salah satu cara paling sederhana untuk mencapai hal di atas adalah memastikan adanya variasi dalam makanan yang disantap. Jika asupan hanya pada makanan tertentu saja, tak terelakan kulit akan kering dan kusam. Ada berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan kulit, rambut dan kuku.

Semakin memperhatikan apa saja yang disantap selama bulan puasa ini, semakin sehat kulit terlihat.

Tujuh nutrisi esensial untuk kulit yang sehat

Vitamin A

Salah satu vitamin penting untuk kesehatan kulit ini mencegah kekeringan dan dehidrasi, selain membuat kulit halus dan juga tekstur kulit yang lembut. Wortel adalah sumber vitamin A paling banyak. Begitu juga aprikot, bayam dan sayuran berdaun hijau. Jadi selama Ramadan, jangan lupa memasukan jus wortel segar dalam menu santapan. Sedikitnya, sekali seminggu. Tambahkan juga wortel pada salad yang disantap saat berbuka puasa.


Alternatif lain dalam mengolah asupan vitamin A ini dengan merebus bayam atau sayuran berdaun hijau dalam hidangan utama berbuka puasa.

Vitamin B

Kekurangan vitamin B dapat membuat kulit dehidrasi, munculnya kerutan dan menua lebih awal. Sumber vitamin B yang penting ada di daging, legumes dan gandum. Jadi, selalu masukan protein seperti daging tanpa lemak, ayam atau ikan bakar dalam menu hidangan utama berbuka puasa karena protein seperti merupakan sumber vitamin B terkaya.

Cara lain adalah mengganti roti tawar dengan roti gandum dan rajin menyantap sup kacang merah saat berpuka puasa.

Vitamin E

Vitamin E juga merupakan salah satu vitamin penting yang membantu mengurangi penampilan wajah penuh kerutan dan melakukan regenerasi sel. Vitamin E ditemukan di kacang-kacangan dan minyak sayur yang biasa dipakai memasak.

Vitamin C

Vitamin ini memainkan peranan penting dalam mempertahankan integritas dan kecerahan kulit. Makanan kaya kandungan Vitamin C termasuk jus jeruk, strawberi atau melon. Ketiganya mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh.

Antioksidan

Diluar antioksiden alami seperti A,C dan E, yang tak kalah penting adalah Selenium dan zinc yang bertugas menjaga sel kulit dan mempertahankan kulit sehat. Selenium dan zinc biasanya ditemui di daging segar dan makan makanan laut seperti udang yang dapat disajikan sebagai makanan penutup atau utama.


Baca juga Masalah Kulit yang Harus Segera Dicek Ke Dokter

Asam lemak Omega-3

Lemak ini memegang peranan penting dalam melindungi kulit dan memastikan kulit terlihat cerah. Asam lemak yang dibutuhkan tubuh ini tidak dapan melakukan proses sintesi sendiri sehingga jika ingin mengurangi kadar asam lemak jangan lupa untuk menyantap ikan sedikit dua kali seminggu selama berpuasa. Pastikan metode pengolahannya dibakar atau panggang ketimbang digoreng yang akan mengandung banyak lemak.

Air

Air sangat penting untuk mecegah kulit dehidrasi. Air juga membantu elastisitas kulit dan mencegah kerutan awal wajah. Sedikitnya minum air putih 8 gelas di antara waktu berbuka puasa hingga sahur.

Selain itu, jangan takut untuk menggunakan buah segar atau sayuran yang dapat menambah variasi dan juga warna pada makanan yang akan disantap. (op/adm)
Blog, Updated at: 6/08/2017

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

loading...