8 Cara Sederhana Atasi Sakit Kepala

Posted By admin on 6/02/2017 | 6/02/2017

sakit kepala
Terapkan trik sederhana ini untuk tempis rasa pusing kepala. (lannyboy89/Pixabay)
Seputar Kita -- Pusing atau sakit kepala umum terjadi apalagi saat pekerjaan menumpuk dan deadline semakin dekat. Belum lagi menghadapi 'bawelnya' atasan dan harus semakin memupuk sabar karena memasuki bulan puasa.

Kadang saat sakit kepala datang, kita mengandalkan obat demi bisa melanjutkan pekerjaan. Padahal itu tak selalu sehat. Masalahnya, kadang kita berpikir kita bisa saja santai, tapi sebenarnya tidak bisa. Ini membuat sakit kepala bisa semakin parah.

Oleh karena itu penting untuk tahu cara terbaik untuk bersantai atau relaksasi dalam hari-hari yang serba sibuk ini. 

Relaksasi jadi jalan terbaik untuk mengatasi sakit kepala akibat stres dan tekanan. Bold Sky memberikan beberapa trik relaksasi untuk mengatasi sakit kepala.

1. Menghindari Sumber Tekanan atau Stres

Hal pertama yang harus dilakukan saat mengalami sakit kepala adalah hindarkan diri Anda dari sumber stres. Misal, saat ada seseorang yang mengomel dengan suara tinggi dan Anda tahu ia sedang menyerang Anda, jangan balas berteriak. Pergi dari situasi tersebut dengan berjalan-jalan sejenak. Ingat, masih ada hari esok yang musti dihadapi.

2. Pejamkan Mata dan Berkhayal

Berkhayal jadi penghilang stres yang ampuh. Mungin banyak yang tidak setuju, tapi sakit kepala bisa hilang jika Anda punya bakat berkhayal. Saat kepala serasa ingin meledak, pejamkan mata dan 'tenggelamkan' pikiran Anda dengan khayalan-khalayan indah, apapun itu.  

3. Berhenti Menatap Layar Komputer

Mata adalah oragn pertama yang terkena imbas saat kepala sakit akibat stres. Jika Anda tetap nekat menatap layar demi menyelesaikan pekerjaan, mata akan cepat lelah. Menonton film saat stres dengan kepala terasa berat juga bukan ide bagus. Meski ini jalan keluar untuk mengatasi stres dan bersantai lewat film, menatap layar hanya akanmembuat mata semakin tegang.

4. Mandi

Kadang panas tubuh terakumulasi lalu menjalar ke kepala hingga akhirnya membuat tubuh tegang. Anda akan merasa ada semburan panas dan sakit kepala. Mandi atau berendam dalam air hangat selama kurang lebih satu jam akan membuat tubuh lebih rileks, dan panas tubuh pun akan terlepas.

5. Aromaterapi

Aromaterapi dapat menyembuhkan sakit kepala dan otot tegang. Cukup hirup minyak aromaterapi atau nyalakan lilin aromaterapi. Cara lain yang bisa dilakukan ialah letakkan handuk dingin pada mata Anda dan berbaring dalam ruangan yang sudah dipenuhi aromaterapi.

6. Pijat

Pijatan ringan pada kening dan pelipis membantu mengendorkan otot dan meringankan sakit kepala karena stres. Daripada minum obat sakit kepala, cukup duduk dan pijat perlahan bagian kening dan pelipis.

7. Latihan Pernapasan

Ambil posisi duduk yang nyaman, tutup mata perlahan lalu konsentrasi. kemudian, tarik napas panjang hingga udara terasa pada bagian perut. Buang napas perlahan dan cobalah untuk rileks. Lakukan 10 kali dan Anda akan merasa rileks. Tak hanya mebgatasi sakit kepala, latihan iini juga untuk mencegahnya.

8. Latihan melemaskan Otot

Putar kepala perlahan, lalu putar pundak ke depan dan ke belakang. Lakukan sebanyak 10 kali. otot rileks dan sakit kepala pun hilang. (op/adm)
Blog, Updated at: 6/02/2017

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

loading...