Tips Agar Anak Tidak Kegemukan

Posted By admin on 5/18/2017 | 5/18/2017

gemuk
Anak Kegemukan.
Seputar Kita - Diet orang dewasa dengan anak-anak berbeda. Tidak sembarang asal kurangi porsi, karena ini dapat mengurangi asupan gizinya. Padahal ia sedang alami masa pertumbuhan.

Si kecil alami obesitas? Anak dengan obesitas empat kali lebih mudah alami diabetes tipe 2 dibandingkan dengan teman sebayanya yang punya berat badan normal. Kelebihan berat badan pad anak dapat berpeluang terjadi obesitas diusia dewasa dan dapat mengembangkan berbagai masalah kesehatan. Misalnya, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit jantung, gangguan pernafasan termasuk sleep apnea dan asma, masalah sendi dan ketidaknyamanan musculoskeletal, perlemakan hati hingga kanker.

Selain munculnya berbagai penyakit, kelebihan berat badan serta obesitas juga cenderung bisa timbulkan masalah psikologi, termasuk depresi dan kurangnya rasa percaya diri.

Untuk menurunkan berat badan si kecil berbeda dengan orang dewasa. Diperlukan konsultasi dan pemilihan makanan yang tepat. Berikut ini beberapa tips diet anak agar tak obesitas dari Hindustan Times :
1. Pilih makanan segar
Doronglah si kecil untuk mengkonsumsi makanan rumahan yang sehat. Pilihlah makanan camilan yang segar seperti buah-buahan utuh yang segar, sayuran, kacang-kacangan dan roti yang mengandung serat seperti roti gandum.

Semua bahan makanan ini mengandung rendah kalori, tinggi protein serta kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral.

Agar si kecil menyukainya, Anda bisa mengolah sayuran dengan cara yang unik. Bentuk buah menjadi bentuk lucu dan campurkan potongan sayuran ke dalam makanan kesukaannya seperti patty burger serta nugget.
2. Hindari snack kemasan
Walaupun tertulis 'dipanggang tidak digoreng' camilan ini bisa saja mengandung lemak tak sehat dan rendah lemak. Akan tetapi untuk hasilkan cita rasa yang enak, banyak produsen yang menambahkan garam dan gula untuk menghasilkan rasa enak.
3. Minum air putih
Rasa haus sering kali disalah artikan oleh si kecil menjadi lapar, sehingga sering kali anak makan dengan berlebihan. Minuman manis seperti jus, minuman bersoda dan minuman manis lainnya bisa membuat penambahan berat badan dengan cepat. Jika ingin memberikan jus sebaiknya tidak menambahkan gula, karena dapat meningkatkan jumlah kalori.

Pastikan si kecil selalu konsumsi air putih untuk tetap menghidrasi tubuhnya. Dibandingkan dengan jus buah, pilihlah buah-buahan segar karena mengandung tinggi serat sehingga dapat membuat perut si kecil tetap kenyang lebih lama.
4. Kurangi makanan manis
Menurunkan berat badan si kecil bukan berarti menghentikan waktu ngemilnya. Akan tetapi Anda cukup untuk membatasi konsumsi junk food dan juga beberapa makanan manis seperti es krim dan aneka kue.

Jika dirasa harus memberikan dessert, sebaiknya kecilkan ukruannya dan beri batas maksimal untuk mengonsumsi makanan tersebut seminggu sekali.
5. Jadilah contoh
Kebiasaan pola makan yang buruk di rumah bisa sebabkan si kecil alami kenaikan berat badan. Untuk melakukan perubahan, mulailah dari Anda. Ganti camilan gurih dan manis dengan camilan sehat seperti buah-buahan segar serta kacang-kacangan.

Hindari menikmati camilan sambil menonton televisi, karena dapat mengasup makanan terlalu banyak.
6. Olahraga dan konsultasi pada ahli
Si kecil perlu bergerak aktif untuk menjaga berat badannya tetap normal. Saat libur sekolah, Anda bisa mengajak si kecil berenang atau jogging.

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli gizi menganai penurunan berat badan yang baik dan aman untuk si kecil.
(op/adm)
Blog, Updated at: 5/18/2017

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

loading...