Roti Paling Sehat Menurut Kardiologis

Posted By admin on 5/19/2017 | 5/19/2017

roti
Jenis Roti.© shutterstock.com
Seputar kita -- Tak lengkap rasanya jika memulai aktivitas tanpa sarapan. Pilihan menu sarapan pun beragam, seperti sereal, oatmeal atau roti. Roti sering jadi pilihan menu sarapan karena praktis dan cepat disajikan. Dimakan begitu saja atau diberi olesan selai. 

Seorang kardiologis, Steven Gundry berkata rupanya tak semua roti yang dikonsumsi setiap hari baik untuk tubuh.  Menurutnya hanya satu jenis roti yang baik untuk tubuh yakni roti yang tidak mengandung lektin.

Dalam bukunya yang berjudul The Plant Paradox, dia menyarankan untuk menjauhkan diri dari lektin.  

Dia mengungkapkan bahwa lektin adalah racun, protein berbasis tanaman yang ditemukan dalam gandum dan juga banyak produk lain yang dianggap bebas gluten. Selain itu, lektin juga dapat ditemukan pada buah-buahan dan sayuran.

"Sekali lektin dicerna, mereka menimbulkan sejenis perang kimia dalam tubuh kita, yang dapat mengakibatkan reaksi inflamasi yang mengarah pada kenaikan berat badan dan kondisi kesehatan yang lain," kata Steven seperti dikutip dari The Independent. 

Untuk mendapatkan roti yang bebas lektin, maka Steven sendiri menyarankan untuk memerhatikan berbagai kandungan rotinya. Roti yang bebas lektin adalah roti yang tidak mengandung gandum sama sekali. Salah satu jenis roti yang direkomendasikan adalah roti yang mengandung kacang almond, biji-bijian, dan bunga kelapa. 

Dalam bukunya, Steven juga mengungkapkan hal yang kontroversial. Di saat banyak orang yang mengonsumsi makanan bebas gluten, dia justru menyatakan bahwa gluten adalah salah satu jenis lektin dan harus dihindari.

Sebaliknya, studi yang dipublikasikan dalam kongres European Society for Paediatric Gastroenterology Hepatology and Nutrition terhadap 1300 produk baru-baru ini mengungkapkan bahwa produk bebas gluten bisa memicu obesitas. Produk bebas gluten cenderung mengandung asam lemak dan lemak lipida yang memang menimbulkan energi yang lebih besar.

Bagi mereka yang melakukan diet gluten padahal punya tubuh sehat punya efek buruk daripada bagus untuk kesehatan mereka.

Peneliti menemukan konsumsi gluten tidak meningkatkan resiko penyakit jantung dan mereka yang melakukan diet bebas gluten membatasi asupan biji-bijian secara keseluruhan yang sebenarnya berasosiasi dengan gangguan kardiovaskular. (op/adm)
Blog, Updated at: 5/19/2017

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

loading...