Cara Makan Sushi yang Benar

Posted By admin on 5/19/2017 | 5/19/2017

sushi
Sushi.
Seputar Kita - Sushi merupakan salah satu santapan khas Jepang yang mendunia. Selain menyehatkan, menu yang didominasi oleh daging laut mentah ini juga dikemas dalam teknik yang spesifik sehingga menggugah selera. Namun tahukah Anda, bahwa masih banyak orang tidak tahu bagaimana cara makan sushi yang benar. Dilansir oleh Buzzfeed, berikut cara makan sushi yang benar sesuai tradisi di Jepang.
 
1. Cara Makan
 
Ada yang berpendapat, sushi harus dimakan ikannya dahulu baru kemudian nasinya. Adapula yang mengatakan dibelah menjadi dua dahulu kemudian digigit setengah-setengah. Menurut chef Masaharu Morimoto dari restoran Morimoto di New York, makanlah sushi sekali telan untuk menjaga keharmonisan rasanya. Bahkan pada pesanan omakase sekalipun, chef akan membuat ukurannya berbeda-beda.
 
2. Jahe
 
Banyak yang mengira, irisan jahe harus diletakkan di dalam saus maupun di atas sushi. Hal ini keliru, karena sebenarnya irisan jahe tersebut dimakan sendiri tanpa dicampur dengan yang lain. Sejatinya, setelah sushi ditelan, jahe lalu dimakan untuk menetralisir rasa sushi sebelumnya, sebelum beralih ke jenis sushi yang lain.
 
3. Urutan
 
Di restoran pada umumnya orang langsung memesan menu yang diinginkan sesuai selera. Pada kenyataannya, seni memakan sushi juga ada urutannya bagai sebuah ritual untuk menjaga kualitas rasa. Yang benar adalah memakan sashimi (hanya daging ikan), dilanjutkan dengan nigiri (kombinasi nasi dan ikan) dilanjutkan dengan maki roll (sushi yang digulung). Jika memesan menu yang dimasak seperti set katsu, pastikan itu dimakan terakhir kali.
 
4. Mencelup Sushi   
 
Seringkali saat kita mencelupkan sushi ke dalam saus, yang terjadi justru sushi menjadi tercerai-berai dan berantakan di piring saus. Hal ini terjadi karena salah teknik. Yang benar menurut chef Naomichi Yasuda adalah saat mengambil sushi, balikkan sushi agar bagian daging berada di bawah dan nasinya di atas. 
 
5. Wasabi
 
Bagaimana cara menyantap wasabi yang benar? Apakah dicelupkan ke dalam saus dan kemudian diaduk, atau justru meletakkannya sedikit di bagian atas sushi? Dipaparkan oleh Master Koji, seorang ahli sushi, tradisi makan sushi yang tidak mengenal wasabi disantap sekaligus, namun terpisah. Itulah sebabnya wasabi hanya diletakkan di atas piring sesuai pesanan karena sudah disesuaikan porsinya.
 
 6. Sumpit

Sering kita melihat orang-orang kesulitan makan sushi saat menggunakan sumpit. Berdasarkan tradisi, cara menyantap sushi mirip dengan orang Indonesia yang hobi makan dengan tangan. Hal ini dikarenakan ada nilai seni saat seseorang memegang tekstur sushi dan menyantapnya dengan rapih. 
 
7. Jenis Ikan
 
Budaya Jepang memang sangat detail. Bahkan seni memakan jenis ikan juga tidak sembarangan. Menurut chef Robby Cook dari restoran Morimoto di New York, urutan memilih jenis daging disesuaikan dengan bobotnya. Makanlah terlebih dahulu daging yang teksturnya paling ringan seperti scallop, dilanjutkan dengan ekor kuning, lalu salmon hingga yang terberat seperti tuna. 
 
Bagaimana? sudah tahu kan Anda cara menyantap sushi yang benar sesuai tradisi di Jepang yang sesungguhnya. (op/adm)
 
 
Blog, Updated at: 5/19/2017

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

loading...