Beberapa Cara Agar Cepat Naik Gaji

Posted By admin on 5/18/2017 | 5/18/2017

pekerjaan
Fokus dan mencapai target, hingga terus-menerus meningkatkan kemampuan bisa jadi cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kenaikan gaji. (Foto: Thinkstock/Dolgachov)
Seputar Kita -- Belum lama ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur bakal mengubah sistem gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Nantinya, penggajian akan bergantung pada kinerja dan jabatan. Tunjangan antara PNS yang satu dengan yang lain akan berbeda.

Sistem seperti ini mirip dengan sistem penggajian pegawai swasta. Dengan demikian, bekerja sebagai PNS atau pegawai swasta akan sama saja. Namun, bukan hal yang tidak mungkin untuk meminta kenaikan gaji pada atasan. Mengutip dari berbagai sumber, berikut cara-cara yang bisa dilakukan demi kenaikan gaji.

1. Fokus

Ketika menggeluti suatu pekerjaan, pastikan paham dengan apa yang ingin dicapai. Fokus dengan apa yang dikerjakan sehingga target dapat tercapai. Hal ini tentu membuat atasan tidak memandang pegawainya sebelah mata. Selain itu, penting untuk berpikir soal bagaimana meningkatkan kinerja dari hari ke hari, tanpa berpikir siapa yang akan menggaji.

2. Proaktif

Jika biasanya selalu bertanya pada atasan apa yang harus dikerjakan dan bagaimana mengerjakan suatu hal, ganti dengan mengusulkan sesuatu yang hebat dan bisa dieksekusi bersama. Tak hanya mengusulkan, tapi juga bekerja dengan lebih produktif dari yang lain. Dilansir dari Salary, performa jelas punya efek signifikan terhadap gaji, khususnya pemberian insentif.

3. Perbaharui Kemampuan

Punya gelar bagus dari universitas ternama dan punya pekerjaan sesuai dengannya, bukan berarti tak perlu menambah keahlian atau skill tertentu. Seorang direktur riset dalam firma perekrutan Robert Half International, Reesa Staten berkata pegawai perlu mempertimbangkan untuk mengikuti pelatihan atau sertifikasi keahlian tertentu. Hal ini dapat mengarah pada promosi kenaikan jabatan dan otomatis kenaikan gaji.

4. Dapatkan Feedback

Usahakan untuk mendapat respon atau umpan balik dari manajer atau atasan soal performa kerja. Dilansir dari Seek Learning, saran dari atasan atau manajer akan berguna untuk meningkatkan performa kerja. Manajer perusahaan teknologi SiteMInder, Deirdre Rice menyarankan untuk mencatat 'area' mana saja yang jadi kelebihan. Selain berguna untuk meningkatkan performa kerja, hal ini juga berguna saat diskusi kenaikan gaji. Gunakan catatan soal kinerja bagus tersebut untuk menguatkan permintaan kenaikan gaji.

5. Punya Tanggung Jawab Lebih

Walau sudah punya jabatan tertentu dengan sederet tanggung jawab di dalamnya, tak ada salahnya untuk meminta tanggung jawab lebih pada atasan atau manajer. Menurut situs Seek Learning, hal ini bisa jadi sinyal bagi atasan akan kesiapan untuk memperluas peranan bagi perusahaan.

6. Latihan

Saat semua saran sudah diterapkan, saatnya berlatih untuk menghadapi hari di mana waktunya untuk bernegosiasi untuk kenaikan gaji. Profesor Harvard Bussiness School, Michael Wheeler berkata pegawai harus siap dengan respon atasan. "To get a yes, expect a no."

Latihan tak hanya soal apa yang akan disampaikan pada atasan, tapi juga bahasa tubuh. CEO Ivanka Trump Collection, Ivanka Trump pernah menuliskan dalam Motto bahwa pegawai harus bisa membawa diri dengan tepat.

"Cara Anda membawa diri, bahkan saat duduk pun penting. Tak peduli seberapa cepat jantung Anda berdetak, duduk dengan tegap, tetap lakukan kontak mata, dan fokus saat bernafas," katanya seperti dikutip dari Business Insider. (op/adm)
Blog, Updated at: 5/18/2017

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

loading...