5 Kesalahan Makan Setelah Berolahraga

Posted By admin on 5/21/2017 | 5/21/2017

makan setelah berolahraga
Cara makan setelah berolahraga.
Seputar Kita - Anda lapar setelah berolahraga?. Wajar saja bila Anda merasa lapar setelah berolahraga karena banyaknya kalori yang telah terbakar. Tetapi makan setelah berolahraga pun tak bisa sembarangan lho. Ada aturan tata cara makan setelah berolahraga.

Seperti dijelaskan Rob Danoff, DO, dokter spesialis olahraga. Anda tak perlu makan jika hanya melakukan olahraga ringan. Sebaliknya, Anda harus makan setelah berolahraga di pagi hari, jika Anda memang tidak sarapan sebelumnya.

"Tetapi jika Anda sudah makan 4-6 jam sebelumnya lalu berolahraga, jangan makan lagi setelah aktivitas ini," pesannya.

Ia juga mengingatkan untuk tidak mengonsumsi makanan yang sarat kalori seperti minuman energi karena sama saja dengan menumpuk kalori setelah dibakar.

Lalu kesalahan apa saja yang bisa dilakukan setelah berolahraga? Berikut paparannya seperti dikutip dari Men's Health, Kamis (13/3/2017).

1. Kebanyakan protein
Ada mitos yang mengatakan, seseorang harus banyak mengonsumsi protein selepas olahraga untuk memaksimalkan manfaatnya. Tetapi sebuah studi yang dipublikasikan Journal of International Society of Sports Nutrition mengungkapkan, sebenarnya hal ini tidak diperlukan selama asupan protein harian Anda sudah mencukupi (sekitar 30 gram per porsi makanan).

2. Makan berlebihan
Banyak orang berpikir wajar saja jika kita kalap makan setelah berolahraga. Padahal sudah banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa apa yang Anda makan lebih berpengaruh pada lingkar pinggang, tak peduli seberapa lama dan seberapa rutin Anda berolahraga. Apalagi jika yang dimakan tidak menyehatkan.

3. Menghindari karbohidrat
Nancy Cohen, PhD, ahli nutrisi dari University of Massachusetts mengatakan, minimal satu jam selepas olahraga intens seperti lari atau renang, otot manusia membutuhkan banyak glikogen agar bisa pulih dan juga menguat.

Glikogen sendiri diperoleh dari karbohidrat sehat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan gandum utuh. Cohen menyarankan setidaknya konsumsi 1 gram karbo sehat per kilogram tubuh setidaknya satu jam setelah olahraga. Bisa juga dengan smoothie yang kaya buah.

4. Kurang minum
Pelari biasanya kehilangan cairan tubuh di saat berkeringat hingga 50 persen. Namun banyak dari mereka yang menyepelekan hal ini, padahal olahraga ringan saja bisa mengakibatkan dehidrasi ringan.

"Coba timbang bobot Anda sebelum dan sesudah olahraga untuk tahu pengurangannya. Kemudian untuk tiap kilogram bobot yang hilang, pastikan Anda minum air dengan jumlah yang setara (1 kg setara dengan 32 ons air)," pesan Cohen.

5. Asal makan
Olahraga memang memicu rasa lapar yang luar biasa. Apalagi sebuah penelitian dari Cornell University mengungkapkan, otak cenderung terdorong untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori ketika rasa lapar menyerang. Inilah yang kemudian memicu agar seseorang memilih makanan tak sehat.

Untuk itu, baiknya Anda merencanakan dulu akan makan atau ngemil apa setelah berolahraga sebelum melakukannya.




Blog, Updated at: 5/21/2017

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

loading...