Rahasia Bikin Ayam Goreng Mentega ala Joanna Lasmono

Posted By admin on 5/19/2017 | 5/19/2017

ayam goreng
Ayam Goreng Mentega. Foto: detikFood
Seputar Kita - Anda ingin mencicipi ayam goreng mentega?. Anda tak perlu repot repot ke restoran, anda bisa membuatnya sendiri kok. Saat puasa makanan rumahan selalu jadi pilihan tepat, terutama saat sahur. Tidak semua orang terbangun saat sahur punya selera makan yang tinggi. Sehingga pemilihan menupun harus menggugah selera tapi tidak repot untuk dibuat.

Berikut Tips cara membuat ayam goteng mentega ala Joanna Lasmono :

"Khusus menu ayam goreng mentega, potong satu ekor ayam menjadi potongan yang lebih kecil. Bisa 14 sampai 16 potong," jelas Joanna saat mengisi cooking class di Culinaria Modena.

Tidak seperti kari dan rendang yang dagingnya bisa dimasak lama dengan kuah berbumbunya, daging untuk ayam goreng mentega perlu dimarinasi terlebih dahulu. Supaya bagian dalam dagingnya meresap.

Sambil menyiapkan bahan-bahan, Joanna juga sempat berbagi tips dan trik untuk menyimpan bahan segar di dalam lemari es. "Setelah beli daging sapi atau ayam jangan langsung ditaruh kulkas begitu saja. Sebaiknya potong-potong, bersihkan dan pisahkan ke dalam masing-masing plastik sesuai dengan kebutuhan," jelasnya.

Potongan ayam dicampurkan dengan beberapa bumbu seperti merica, garam, saus tiram dan kecap Inggris. "Untuk perbandingan saus tiram dan kecap Inggris ini sama," Joanna menjelaskan.

Untuk mempersiapkan stok makanan selama Ramadan, stop sampai langkah marinasi ini. "Setelah diberi bumbu, tutup dengan plastik wrap dan masukkan dalam lemari es," tambah wanita berambut panjang ini.

Agar bumbunya meresap sempurna, proses perendaman dengan bumbu ini bisa dilakukan semalaman atau 30 menit sebelum diolah. Selain diolah dengan saus mentega, ada juga pilihan lain yang bisa dibuat. "Jika kebanyakan, sisa ayam yang sudah dimarinasi, Anda bisa menggorengnya dan mengolahnya jadi balado ayam dan chicken sandwich," tambah Joanna.

Kalau bumbu sudah meresap, goreng ayam hingga kecokelatan. Tumis bumbu bawang putih, bawang merah yang sudah dihaluskan dengan margarin dan masukkan ayam goreng.

Agar tak terlalu kering, Joanna juga mencampurkan kaldu ayam dengan tambahan air dan kecap manis. Rahasia kelezatan racikan ayam goreng tepung Joanna adalah dengan menambahkan perasan jeruk sambal atau jeruk limau.

Setelah masakan selesai dibuat, para peserta nampak antusias mencicip ayam goreng mentega ini. Hmm, aroma gurih ayam yang berpadu dengan kecap dan aneka saus terasa sedap!. (op/adm)
Blog, Updated at: 5/19/2017

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

loading...